Sabtu, 05 Juni 2010

iPad Bantu Komunikasi Manusia dengan Lumba-lumba

Gadget baru besutan Apple, iPad, kian ngetren. Bahkan, iPad tak hanya bisa digunakan manusia, lumba-lumba pun bisa memanfaatkannya.

Hebatnya lagi, komputer tablet tersebut bisa digunakan untuk membantu komunikasi antara manusia dan lumba-lumba.

Jack Kassewitz, ilmuwan di Puerto Aventuras, Meksiko, melakukan sebuah penelitian menggunakan iPad yang ditanamkan aplikasi khusus untuk 'mengobrol' dengan Merlin, lumba-lumba hidung botol berusia dua tahun.

Dalam proyek penelitian bernama SpeakDolphin ini, Kassewitz dan timnya membuktikan bahwa hewan pintar ini bisa diajari menentukan sebuah pilihan dengan menunjuk layar iPad.

"Merlin memperlihatkan keinginan yang sangat besar menggunakan iPad," kata Kassewitz, seperti dikutip dari ipadnewsdaily, Kamis (3/6).

Tampilan layar iPad yang berwarna, menarik perhatian Merlin untuk fokus dan membuatnya bisa memilih berbagai objek yang tampil pada layar. Contohnya, Merlin menunjuk mainan bebek karet dan bola dengan hidungnya, kemudian mencocokkan pilihannya tersebut dengan benda sebenarnya yang telah disiapkan tim peneliti.

"Ini adalah tugas yang mudah bagi lumba-lumba. Namun yang terpenting, iPad ibarat menjadi media yang membangun interface lengkap yang menghubungkan komunikasi antara manusia dengan lumba-lumba," kata Kassewitz.

Proyek SpeakDolphin ini sempat mempertimbangkan komputer tablet lainnya untuk digunakan dalam penelitian. Namun pilihan akhirnya jatuh pada iPad karena berbagai keunggulannya, di antaranya karena pertimbangan sensitivitas layar iPad dan kualitas warna layar yang cerah.

Untuk membuatnya lebih mudah digunakan lumba-lumba, para peneliti membungkusnya dengan plastik tahan air agar tidak rusak saat disentuh hidung lumba-lumba yang basah.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009Sumber Info | by TNB