Senin, 07 Juni 2010

Asyik Debat, Pilot Lupa Mendarat

Debat bukan di saat yang tepat ternyata adalah penyebab kepanikan ratusan orang penumpang pesawat Airbus A320 milik maskapai penerbangan Northwest Airlines.

Peristiwa ini terjadi pada Rabu malam, ketika pesawat gagal mendarat dan melewati bandara tujuannya sejauh 241 kilometer. Para penumpang panik karena mengira pesawat mereka dibajak. Seharusnya, pesawat yang berangkat dari San Diego, Amerika Serikat (AS) tersebut mendarat di Minneapolis.

Petugas di menara pengawas lalu lintas udara (ATC) kehilangan kontak dengan pesawat di ketinggian 37 ribu kaki sejak pukul 6.56 malam waktu setempat. Kru pesawat tersebut juga tidak menjawab panggilan dari menara ATC. Kejadian ini berlangsung selama 78 menit.

Khawatir akan nasib 149 penumpang di atasnya, petugas ATC meminta bantuan pilot pesawat lain untuk menolong kru dan penumpang Northwest. Ketika upaya meminta bantuan tersebut gagal, Badan Penerbangan Federal (FAA) dan petugas militer mulai mempertimbangkan pengerahan jet tempur untuk memotong rute pesawat Airbus A320 itu. Ini merupakan prosedur umum di AS.

Pesawat dengan nomor penerbangan 188 ini akhirnya memutar haluan dan mendarat di bandar udara internasional St. Paul, Minneapolis. "Pesawat tiba sekitar pukul 21.15," kata Ed Stewart, juru bicara Delta Air Lines, pemilik maskapai Northwest.

Dua pilot yang mengendalikan pesawat tersebut menyatakan bahwa mereka kehilangan kendali terhadap situasi yang berlangsung karena sibuk memperdebatkan kebijakan penerbangan.
“Perhatian kami teralihkan ketika sedang berdebat sengit menganai kebijakan maskapai penerbangan,” demikian pernyataan kedua pilot Northwest Airlines dengan nomor penerbangan 188, rute San Diego-Minneapolis.

Stewart mengatakan, dua pilot itu dilarang terbang hingga penyelidikan berakhir. Polisi bandara dan agen Biro Penyelidik Federal telah mengambil rekaman penerbangan dari kokpit pesawat untuk mengetahui kejadian sebenarnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009Sumber Info | by TNB