Senin, 31 Mei 2010

Ponsel Tua = Tambang Emas

Anda mempunyai ponsel rongsokan? Jangan buru-buru dibuang, karena di dalam ponsel terdapat logam berharga, seperti emas.

Pemerintah Jepang saat ini tengah gencar-gencarnya mengumpulkan ponsel bekas pakai. Aksi ini berhasil mengumpulkan 567 ribu ponsel yang sudah tak terpakai.

Menteri Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang mengungkapkan dari daur ulang ponsel yang terkumpul dalam program itu, diperoleh berbagai logam berharga, seperti 22 kilogram emas senilai 70 juta yen atau sekitar Rp 7 miliar, 79 kg perak, 5.670 kg tembaga dan 2 kg palladium.

Jepang adalah salah satu negara yang gencar mengkampanyekan program daur ulang ponsel tua. Sekitar 1.800 toko retail elektronik ikut serta dalam kampanye daur ulang yang digelar.

Untuk merayu pemilik ponsel tua agar mau berpartisipasi dalam program ini, tersedia voucher bernilai total 230 juta yen bagi 158.800 orang dengan sistem lotere.
Jadi, saat orang menyerahkan ponsel tuanya, mereka akan mendapatkan tiket untuk mengikuti lotere tersebut.

Mulai saat ini, kita tak boleh memandang sebelah mata ponsel-ponsel bekas. Pasalnya, rongsokan ponsel bisa menjadi 'tambang logam berharga'. Ya, karena rupanya di dalam ponsel terkandung berbagai logam bernilai tinggi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009Sumber Info | by TNB