Rabu, 26 Mei 2010

EveR, Robot Cewek yang Bisa Menyanyi

Anda pernah nonton film Terminator atau film robot lainnya? Film memang khayalan, tapi banyak khayalan yang kemudian dibawa ke dunia nyata. Salah satunya, manusia robot atau android.

Manusia robot secara fisik mirip sebuah patung di mal-mal yang bisa bergerak, bicara dan menggerakkan mata. Di Korea, android wanita bahkan sudah mulai bekerja menghibur penonton dengan menyanyi di opera.

Jenis android wanita asal Korea Selatan yang dinamakan EveR, pertama kali dikembangkan oleh para ilmuwan di Institut Teknologi Industri Korea (KITECH). Proyek ini dipimpin oleh Baeg Moon-Hong yang membawanya ke publik di Seoul pada Mei 2006. Eve dari bahasa Inggris yang berarti Hawa (pasangan Nabi Adam), dan R singkatan dari Robot.

EveR-1 adalah saingan dari Actroid, android sejenis dari Jepang yang diprakarsai oleh “Kokoro Dreams” dan Universitas Osaka. Actroid diperkenalkan pada pameran robot internasional di Tokyo tahun 2003. Pembuatan EveR-1 menghabiskan dana 300 juta won atau Rp 2,4 milyar.

Android dengan berat 50 kg dan tinggi 160 cm itu juga melibatkan seniman pahat dalam pembuatan wajah. Wajah EveR-1 konon merupakan gabungan dari wajah penyanyi dan aktris film Korea yang namanya enggan disebutkan oleh pembuatnya. Kelebihan Ever-1 selain bentuk wajah yang terlihat lebih natural adalah kemampuan mengekspresikan emosi melalui mimik wajah.

Dengan menggunakan sistem hidrolik, EveR dapat meniru raut wajah sedih, bahagia, maupun cemas. Dengan 35 mesin miniatur di dalam tubuh EveR-1, android ini dapat menggerakkan bagian atas tubuh, kepala, lengan, dan sinkronisasi gerakan bibir saat bicara. Kulit EveR terbuat dari silicon sintetis sehingga terlihat mirip manusia.

EveR-1 mengenal 400 kata dalam bahasa Inggris maupun Korea dan dapat merespon pertanyaan dengan 15 ekspresi wajah. Android ini juga dilengkapi dengan sensor gerakan yang dapat merespon lawan bicara dengan mata dan gerakan kepala.

Setelah sukses dengan EveR-1, tahun 2006, KITECH kemudian memperkenalkan EveR-2 dengan kemampuan gerakan dan ekspresi yang lebih baik. EveR-2 bahkan bisa menunjukkan kebosanan, mengerutkan wajah, dan bernyanyi. Tahun 2010, EveR-3 dan EveR-4 kembali diluncurkan dengan fitur yang lebih banyak.

Beberapa waktu lalu, EveR pertama kali unjuk gigi di panggung Teater Nasional Korea untuk menyanyikan pansori (narasi opera tradisional Korea). Bulan Mei nanti, rencananya EveR akan kembali beraksi menghibur masyarakat di tempat yang sama.

Android sudah hidup bersama-sama manusia sekarang, lalu khayalan apalagi yang akan segera diwujudkan?

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009Sumber Info | by TNB