Senin, 07 Juni 2010

Meksiko Luncurkan Taksi Pink Khusus Perempuan

Kota Puebla, Meksiko mencatat sejarah sebagai kota pertama di benua Amerika yang memiliki taksi khusus perempuan. Taksi ini serba merah muda (pink), mulai dari cat eksterior, tombol alartm, dan sistem navigasi satelit alias GPS.

Taksi khusus wanita ini memiliki 35 unit armada taksi pink. Taksi ini dikendarai pula oleh supir perempuan dan hanya mengangkut penumpang perempuan saja.

"Beberapa wanita yang pernah menumpang di taksi ini mengatakan bahwa supir taksi pria kadang-kadang suka berbuat aneh terhadap penumpang perempuan. Mereka jadi tidak nyaman selama menumpang di taksi tersebut," ujar salah seorang pengemudi taksi Aida Santos.

Sebelum kota Puebla, kota Moskow (Rusia), Dubai (Uni Emirat Arab), dan Beirut (Lebanon) juga sudah memperkenalkan taksi khusus perempuan.

Nawal Yaghi Fakhri, pemilik ”Taxi Banat” atau ”taksi untuk perempuan” yang mulai beroperasi di Lebanon sejak Maret lalu mengaku pada awalnya dirinya mengira sulit untuk menemukan pengemudi perempuan untuk supir taksi yang merupakan pekerjaan kaum pria.

”Ternyata, begitu lowongan pekerjaan dibuka, muncul 40 lamaran dari perempuan Lebanon untuk menjadi sopir taksi,” ujar Fakhri.

Taksi perempuan dengan pengemudi perempuan ini mendapat dukungan kementerian turisme Lebanon.

Soalnya, taksi ini bisa menjadi pilihan para perempuan yang datang dari negara-negara Arab konservatif di kawasan Teluk. Di Timur Tengah, taksi khusus perempuan dengan sopir perempuan sudah ada di Uni Emirat Arab.

Lalu, Indonesia kapan ya?

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009Sumber Info | by TNB