Kamis, 27 Mei 2010

Limbah Plastik Dapat Terurai di Laut

Hasil penelitian, para pengamat lingkungan sejak dahulu telah menyebutkan bahwa limbah plastik tidak dapat terurai.

Hasil studi baru mengindikasikan limbah plastik ternyata dapat terurai di dalam lautan.
Studi yang dilakukan oleh seorang ahli kimia Universitas Nihon, Chiba, Jepang, Katsuhiko Saido menyatakan bahwa sekumpulan limbah plastik dapat terurai di lautan.

"Plastik dalam pemakaian sehari-hari diasumsikan sebagai komponen yang sangat stabil. Namun, hasil studi menyatakan bahwa sampah-sampah plastik yang berada di lautan ternyata dapat terurai," ujar Saido dalam presentasinya di hadapan American Chemical Society.

Terurainya limbah plastik di lautan, menurut Saido, dapat terjadi setelah plastik terkena terpaan sinar matahari, hujan, dan kondisi lingkungan lainnya secara berulang-ulang. Meskipun demikian, Saido menyatakan, sampah-sampah plastik yang telah terurai menghasilkan bahan kimia yang berpotensial menjadi racun, yakni Bisphenol A dan PS Oligomer.

Bahan kimia tersebut diyakini Saido nantinya dapat mengganggu fungsi hormon pada binatang-binatang laut.

Setiap tahunnya laut menampung ribuan ton limbah plastik yang terapung di permukaan dan juga yang telah tenggelam. Sebagian dari limbah tersebut ada pula yang terseret arus hingga ke Great Pacific Garbage Patch antara California dan Hawaii. Saking banyaknya sampah yang terkumpul, area pengumpulan sampah ini bahkan dikatakan lebih besar dari wilayah Texas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

©2009Sumber Info | by TNB